Jenis Graphics Prossesing Unit(GPU) di Smartphone Android Terbaru For Gaming

Mengenal jenis-jenis GPU pada smartphone android - Salah satu hal yang perlu kita perhatikan ketika ingin memiliki smartphone android yang mendukung untuk bisa bermain game dengan sepuasnya adalah dengan memperhatikan kualitas GPU yang dimiliki. GPU menjadi kebutuhan yang sangat penting ketika kita ingin menggunakan samrtphone adalah sebagai media untuk bermain game. Dengan memiliki GPU yang berkualitas bagus maka kerapatan pada pixel dan kejernihan game juga terjamin, anda akan bisa bermain game lebih leluasa. Ada banyak sekali jenis GPU yang perlu anda ketahui di smartphone android dengan begitu anda bisa menentukan pilihan smartphone seperti apa yang harus anda beli.

Chipset GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit yang mengatur segala bentuk aktifitas yang bekerja pada segi Grafis yang ada pada ponsel seperti Menonton Video, membuka file Gambar dengan warna yang variatif serta memainkan Game-game HD yang terdapat pada Android, Salah satu contoh game HD tersebut ialah Game yang memiliki size/ukuran file yang besar biasanya terlihat dari ciri dengan adanya file APK + DATA yang file tersebut saling terpisah. Biasanya file APK tersebut digunakan secara instalasi namun untuk file DATA di gunakan dengan meletakan pada penyimpanan Memory yang terletak pada folder OBB.

mengenal macam Jenis (GPU) di Smartphone Android Terbaru 2015 beserta fungsi dan kegunaan

Anda juga harus mengetahui apa fungsi dari GPU terlebih dahulu, secara spesifik GPU ini berperan penting pada smartphone yang fungsinya sebagai penompang kinerja pada smartphone. Sementara itu prinsip kerjanya sama halnya dengan hardware VGA yang terdapat pada PC ataupun Komputer/Laptop. Dan GPU ini memiliki peran yang penting ketika smartphone yang anda miliki anda gunakan untuk bermain game kelas berat. Karena tidak semua smartphone android bisa mumpuni kinerja dalam menjalankan game-game kualitas high atau biasa dengan Game High Definition(HD). Dan untuk jenis atau macamnya, GPU ini memiliki banyak tipe dan varian tergantung dari beberapa tipe smartphone yang meluncurkan produk smartphone terbaru. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak ulasan berikut mengenai Macam-macam GPU pada HP android ini:

1. GPU adreno qualcomm

GPU jenis ini merupakan buatan dari ATI yang kemudian saat ini menjadi adreno bawaan dari keseluruhan Syistem on chip(SOC) yang di buat oleh Quallcom. Dan kerap kali banyak berbagai perusahaan smartphone yang menggunakan GPU jenis ini karena GPU ini memiliki kualitas yang beragam bergantung pada kebutuhan smartphone itu sendiri seperti memainkan Game HD ataupun sekedar melakukan proses biasa.

2. PowerVR

Untuk GPU jenis ini merupakan buatan dari video logic. Dulunya logic adalah salah satu pesaing besar dari VGA. Akan tetapi sekarang yang menjaid pemain utama dalam bidang grafic adalah ATI dan juga NVIDIA. Logic dalam pembuatan GPU ini hanya sebatas mendesain blueprint yang kemudian dijual kepada perusahaan lain seperti halnya NEC, intel serta yang lainnya. Varian pada GPU PowerVR ini sudah di kembangkan mencapai 6 seri dan sudah di terapkan pada konsol game di tahun 1900.

3. NVIDIA tegra

GPU jenis ini menjadi icon bersama, mengingat desain yang dirancang memiliki kualitas yang sangat menarik, seperti halnya pada perangkat Komputer/PC yang sudah banyak menerapkan dengan chipset Grafik dari NVIDIA tersebut namun untuk series GPU pada NVIDIA ini seperti seri Geforce Ultra Low Power (ULP) yang bagian dari SOC tegra 2 yang sama-sama di rilis oleh NVIDIA.

4.  Mali

GPU ini merupakan besutan dari ARM . adanya GPU jenis ini anda akan lebih bisa menikmati game yang anda mainkan karena kualitas desain grafisnya cukup memuaskan. Bahkan saat anda memainkan game berat sekalipun. Untuk itu tidak heran jika banyak yang menginginkan smartphone android dengan memiliki GPU jenis ini.

Dari jenis-jenis GPU diatas ini memiliki kinerja yang berbeda, dalam pengolahan grafis pun juga tidaklah sama. Dan masing-masing juga memiliki kelebihan dan kelemahan pada syistem on chipnya. Akan tetapi memang ada jenis GPU yang memiliki kinerja paling baik diantara yang lainnya, yaitu adalah GPU adreno 330. Sampai saat ini GPU jenis ini menjadi andalah beberapa jenis smartphone android. Sehingga tidak heran jika kita sering menemukan jenis GPU ini pada smartphone di tataran kelas atas.

Klarifikasi Kelas Graphic Prosessing Unit (GPU) pada Smartphone :

1. Kelas low end

  • Adreno 130 (Smartphone: htc hero)
  • Adreno 200 (Smartphone: GALAXY MINI/fit/ace,nexian Journey,csl mi320,desire,nexus one,droid incridible,x10)
  • Power vr 530 Smartphone: (Milestone1,charm)

2. Kelas mid end

  • Adreno 205 (Smartphone: CSL MI410,galaxy W,huawei x5,xperia mini/pro/active,droid x,htc thunderbolt,se play)
  • PowerVR 535 (Apple Class: iPhone 4/ipod gen4/ipad)
  • Hummingbird/SGX540 clock 200 (Android: Samsung Galaxy S/tab1/epic 4g)

3. Kelas high end

  • SOC A5/SGX543MP2 (Apple: iPad 2)
  • SGX543MP4, (Konsol: Playstation Vita)
  • Adreno 220 (HTC SENSATION)
  • Nvidia tegra 2 (LG OPTIMUS 2x)
  • Mali 400MP2 (GALAXY S II )
    SGX544MP+ akan berada di OMAP 5 yg mnggunakan quadcore dual CPU A15
  • Adreno 225
  • Adreno 320
  • Adreno 330
  • Mali 400MP4 (GALAXY S III)


4. URUTAN GPU Dari yang terbaik

  • Adreno 420 > Nvidia Tegra 4 > Adreno 330 > PowerVR G6430 > PowerVR SGX544mp3 > Adreno 320 > Nvidia Tegra 3 > Mali Tx/Mali-T604 > PowerVR SGX544 > Mali 400 MP4 > Adreno 305 > PowerVR SGX 543 > Adreno 225 > VideoCore IV HW > Adreno 220 > Nvidia Tegra 2 > PowerVR SGX 540, 535,531 > Adreno 205  > Adreno 203 > Adreno 200 > SGX530

Dan bagi anda yang penasaran jenis GPU apa yang terdapat pada smartphone yang anda miliki, anda bisa mengeceknya menggunakan Aplikasi Benchmark seperti halnya quadrant standart ataupun  yang lainnya. Oleh karena itu jika anda ingin bisa bermain game dengan desain grafis yang menarik dan memuaskan maka pilihlah smartphone yang memiliki jenis GPU Android Untuk Bermain Game HD berkualitas tinggi. Itulah ulasan terkini mengenai Mengenal jenis-jenis GPU pada smartphone android, sebagai pengetahuan sebelum anda benar-benar menentukan smartphone idaman anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan smartphone android dan juga berbagai aplikasinya maka bisa terus mengikuti ulasan kami. Sekian dan sampai disini pembahasan pada hardware android semoga ulasan Jenis Graphics Prossesing Unit(GPU) di Smartphone Android Terbaru For Gaming ini dapat bermanfaat untuk anda sekiranya untuk mengetahui fungsi dan kegunaan GPU di HP android.

Other articles you might like;

Tags: #INFROMATION #TIPS ANDROID

Leave a reply "Jenis Graphics Prossesing Unit(GPU) di Smartphone Android Terbaru For Gaming"

Author: 
    author